Senin, 21 September 2015

LAPORAN ALGORITMA PERTEMUAN 3 NOVA HARDYANTI_15214034


Laporan prtemuan 3
ALGORITMA PEMOGRAMAN 



Dosen Pembimbing :
SRI NOFRI WIHANDARI S,Pd

Disusun oleh :
NOVA HARDYANTI
15214034




PRODI REKAYASA PERANGKAT LUNAK
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
2015









Perkembangan Bahasa Pemograman C
 
          Bahasa pemograman dibuat dengan tujuan membantu manusia dalam membuat program menggunakan editor tertentu.untuk dapat dijalankan di komputer tertentu ,kode program harus dikompilasi atau diintespretasi dahulu.kini bahasa pemograman tidak hanya dibuat untuk satu platform saja ,melainkan bisa antar platform,yaitu platfrom dektop,web,dan mobile.bahkan bahasa pemograman juga dapat di jalankan pada mesin komputer dan sistem operasi yang berbeda.

Sebelum melangkah lebih jauh ,perlu di ketahui terlebih dahulu ditinjau dari generasinya:


·       Bahasa pemograman Generasi kesatu (Bahasa mesin)
Merupakan pemograman yang dasar dan kuno
Kelebihan :eksekusi cepat.
Kelemahan : sulit dipelajari manusia

·       Bahasa pemograman Generasi kedua (Bahasa assembly)
Pemograman ini dikenal dengan istilah bahasa assembly (assembly laguage ) dan banyak di gunakan pada pemograman perangkat keras seperti robotika.
Kelebihan: excekusi  cepat ,lebih mudah di pelajari di bandingkan bahasa mesin ,file kecil
Kelemahan : sulit di pelajari,program sanggat panjang
.
·       Bahasa  pemograman Generasi ketiga
Program ini dibuat dengan maksut untuk mengatasi  kelemahan bahasa assembly sehingga ditulis dengan bahasa yang dapat di mengerti oleh manusia ,yaitu bahasa inggris.pada bahasa pemograman  generasi ini  dikenal istilah sintaks (syntak)ada pun program yang dibuatnya seperti variabel tipe data ,konstata ,struktur kontrol,loop dll.
Kelebiahn:Mudah di pelajari ,mendekati permasalahan yang akan di pecahkan ,kode program pendek.
Kelemahan :eksekusi lambat.

·       Bahasa pemograman Generasi Keempat
Bahasa pemograman ini dikenal sebagai specifik problem orientid ,bahasa pemograman generasi  bersivat vasual ,memiliki tool builder yang cagih.
Adapun beberapa jenis bahasa pemograman di antaranya:

1.    Report  Generators
2.    Forms Generators
3.    Computer aider software engineering (CASE)
4.    Database Queri laguange

Kelebihan : Beriorientasi pada masalah secara langsung .
Kelemahan:  Sangat spesifik sehingga hanya bisa berfungsi 

·       Bahasa pemograman Generasi kelima.

Bahasa pemograman ini  dipakai agar komputer dapat menyelesaikan suatu masalah berdasarkan  contraint yang di berikan .
Kelebihan: sangat sesuai untuk pemecahan masalh sistem cerdas
Kelemahan : membuthkan kelebihan membuat program dengan  bahasa level ini.
Para pembuat  mesin translator berusa agar proses  translasi tersebut bisa  bejalan dengan  secepatnya ,terdapat jenis translator  bahasa pemograman:
1.assemler
2.interpreter
3.kampiler
4.Gabunagan Kampiler dan Interpeter


                      CARA MEMBUAT PROGRAM

1.    Mendefinisikan masalah
Mendefinisikan program merupakan langkah pertama yang sering dilupakan para pemogramer .menurut hukum mulphy (oleh henry ledgard) “semakin cepat menulis program,semakin lama kita akan menyelesaikanya”
Contoh:
Rumus perkalian 2 buah matriks adalah
Matriks Hasil ( m x n ) = Matriks A (m x o ) X Matrik B ( o x n)
Jika matrik A dan B tidak mengetahui aturan (m xo) X (o x n) maka kedua matriks tidak bisa dikalikan program harus mengenali program dengan baik.

2.    Menemukan solusi
Jika masalah terlalu kompleks maka ada baiknya masalah tersebut di pecah menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah di selesaikan.

3.    Memilih algoritma dan struktur data
Pemilihan algoritma sangat berpengaruh  terhadap hasil akhir program  secara keseluruhan

4.    Menulis program
Pilihlah bahasa pemograman yang sudah di pelajari dan digunakan dan lebih akan lebih baik lagi jika dikuasai.memilih tingkat kompatibilitas dengan perangkat  keras dan platform  lainya.

5.     Menguji program 
Setelah program selesai di buat  ,silah kan uji program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada , termaksut error-handingnya . hingga program tersebut benar-benar handal dan layak digunakan

6.    Memilih dokumentasi
Menulis dokumentasi memang sangatl ah  penting agar pada suat saat jika kita akan melakukan perubahan  atau membaca source code program maka kita bisa menginggat-ingat dan membaca  nya,cara yang paling tepat menulis komen –komentar  kecil tentang aplikasi tersebut

7.    Merawat program
Program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah munculnya bug/cacat yang sebelunya tidak terdekseksi,karena itu program selalu mengalami peningkatan dan perbaikan pada versi-versi berikut.








  

  

  LANGKAH-LANGKAH C++
     A.  Pertama-tama buka C++
     B.    Kemudian  ambil file,klik kiri
     C.  Ambil NEW lalu
     D.  Buka  source file ,maka akan tampil file kosong dan mulai mengisi data seperti contoh ini:



 










E. kemudian jalankan  dengan klik F11.kan tampil   










 F .bukak file  baru ketikan di dalamnya  seperti di bawah ini:









G Kemudian klik F11,maka akan tampil :










H.Lalu buka dengan file baru.dan ketikan source di dalam nya:









I. ketik F11 maka akan tampil.  :



 











TUJUAN;

1) Mengatasi suatu masalah, 
2) Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif. 
3) Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah.
 4) Mengadakan pengawasan dan perbaikan.
 5) Menemukan teknik–teknik baru.



KESIMPULANYA:

  1) Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan.
 2) Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan 
            masalah. 
3) Merupakan sumber informasi dan 
4) Merupakan bahan untuk pendokumentasian. 



TERIMA KASIH




Tidak ada komentar:

Posting Komentar