Laporan prtemuan 3
ALGORITMA PEMOGRAMAN
Dosen Pembimbing :
SRI NOFRI WIHANDARI S,Pd
Disusun oleh :
NOVA HARDYANTI
15214034
PRODI REKAYASA PERANGKAT
LUNAK
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI
PADANG PARIAMAN
2015
Perkembangan
Bahasa Pemograman C
Bahasa
pemograman dibuat dengan tujuan membantu manusia dalam membuat program
menggunakan editor tertentu.untuk dapat dijalankan di komputer tertentu ,kode
program harus dikompilasi atau diintespretasi dahulu.kini bahasa pemograman
tidak hanya dibuat untuk satu platform saja ,melainkan bisa antar
platform,yaitu platfrom dektop,web,dan mobile.bahkan bahasa pemograman juga
dapat di jalankan pada mesin komputer dan sistem operasi yang berbeda.
Sebelum melangkah lebih jauh ,perlu di
ketahui terlebih dahulu ditinjau dari generasinya:
·
Bahasa pemograman
Generasi kesatu (Bahasa mesin)
Merupakan pemograman yang dasar dan kuno
Kelebihan :eksekusi cepat.
Kelemahan : sulit dipelajari manusia
·
Bahasa pemograman
Generasi kedua (Bahasa assembly)
Pemograman ini dikenal dengan
istilah bahasa assembly (assembly laguage ) dan banyak di gunakan pada
pemograman perangkat keras seperti robotika.
Kelebihan: excekusi cepat ,lebih mudah di pelajari di bandingkan
bahasa mesin ,file kecil
Kelemahan : sulit di
pelajari,program sanggat panjang
.
·
Bahasa pemograman Generasi ketiga
Program ini dibuat dengan maksut
untuk mengatasi kelemahan bahasa
assembly sehingga ditulis dengan bahasa yang dapat di mengerti oleh manusia
,yaitu bahasa inggris.pada bahasa pemograman
generasi ini dikenal istilah
sintaks (syntak)ada pun program yang dibuatnya seperti variabel tipe data
,konstata ,struktur kontrol,loop dll.
Kelebiahn:Mudah di pelajari
,mendekati permasalahan yang akan di pecahkan ,kode program pendek.
Kelemahan :eksekusi lambat.
·
Bahasa pemograman
Generasi Keempat
Bahasa pemograman ini dikenal
sebagai specifik problem orientid ,bahasa pemograman generasi bersivat vasual ,memiliki tool builder yang
cagih.
Adapun beberapa jenis bahasa
pemograman di antaranya:
1. Report Generators
2. Forms
Generators
3. Computer
aider software engineering (CASE)
4. Database
Queri laguange
Kelebihan : Beriorientasi pada
masalah secara langsung .
Kelemahan: Sangat spesifik sehingga hanya bisa berfungsi
·
Bahasa pemograman
Generasi kelima.
Bahasa pemograman ini dipakai agar komputer dapat menyelesaikan
suatu masalah berdasarkan contraint yang
di berikan .
Kelebihan: sangat sesuai untuk pemecahan masalh
sistem cerdas
Kelemahan : membuthkan kelebihan membuat program
dengan bahasa level ini.
Para pembuat
mesin translator berusa agar proses translasi tersebut bisa bejalan dengan secepatnya ,terdapat jenis translator bahasa pemograman:
1.assemler
2.interpreter
3.kampiler
4.Gabunagan Kampiler dan Interpeter
CARA MEMBUAT PROGRAM
1. Mendefinisikan
masalah
Mendefinisikan program merupakan langkah pertama
yang sering dilupakan para pemogramer .menurut hukum mulphy (oleh henry
ledgard) “semakin cepat menulis program,semakin lama kita akan menyelesaikanya”
Contoh:
Rumus perkalian 2 buah matriks adalah
Matriks Hasil ( m x n ) = Matriks A (m x o ) X
Matrik B ( o x n)
Jika matrik A dan B tidak mengetahui aturan (m xo) X
(o x n) maka kedua matriks tidak bisa dikalikan program harus mengenali program
dengan baik.
2. Menemukan
solusi
Jika masalah terlalu kompleks maka ada baiknya
masalah tersebut di pecah menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah di
selesaikan.
3. Memilih
algoritma dan struktur data
Pemilihan algoritma sangat berpengaruh terhadap hasil akhir program secara keseluruhan
4. Menulis
program
Pilihlah bahasa pemograman yang sudah di pelajari
dan digunakan dan lebih akan lebih baik lagi jika dikuasai.memilih tingkat
kompatibilitas dengan perangkat keras
dan platform lainya.
5. Menguji program
Setelah program selesai di buat ,silah kan uji program tersebut dengan segala
macam kemungkinan yang ada , termaksut error-handingnya . hingga program
tersebut benar-benar handal dan layak digunakan
6. Memilih
dokumentasi
Menulis dokumentasi memang sangatl ah penting agar pada suat saat jika kita akan
melakukan perubahan atau membaca source
code program maka kita bisa menginggat-ingat dan membaca nya,cara yang paling tepat menulis komen
–komentar kecil tentang aplikasi
tersebut
7. Merawat
program
Program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah
munculnya bug/cacat yang sebelunya tidak terdekseksi,karena itu program selalu
mengalami peningkatan dan perbaikan pada versi-versi berikut.
LANGKAH-LANGKAH
C++
A.
Pertama-tama
buka C++
B.
Kemudian ambil file,klik kiri
C.
Ambil NEW lalu
D.
Buka source file ,maka akan tampil file kosong dan mulai mengisi data seperti contoh ini:
F .bukak
file baru ketikan di dalamnya seperti di bawah ini:
G
Kemudian klik F11,maka akan tampil :
H.Lalu
buka dengan file baru.dan ketikan source di dalam nya:
I.
ketik F11 maka akan tampil.
:
TUJUAN;
1) Mengatasi suatu masalah,
2)
Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif.
3) Mengetahui kemajuan dan
perkembangan suatu masalah.
4) Mengadakan pengawasan dan perbaikan.
5)
Menemukan teknik–teknik baru.
KESIMPULANYA:
1) Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan
kegiatan.
2) Memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan
kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan
masalah.
3) Merupakan sumber
informasi dan
4) Merupakan bahan untuk pendokumentasian.
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar