ALGORITMA PEMOGRAMAN
Dosen Pembimbing :
SRI NOFRI WIHANDARI S,Pd
Disusun oleh :
NOVA HARDYANTI
15214034
PRODI REKAYASA PERANGKAT
LUNAK
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI
PADANG PARIAMAN
2015
TEORI SINGKAT ASCII
Pengertian kode ascii adalah:
SCII atau (Amerika standard code for information
interchange )
Merupakan suatu standar
internasional dalam kode huruf dan
simbol yang lebih berifat universal, contohnya 36 adalah untuk karakter”
$ “.
Kode
ASCII sebenarnya memiliki komposisi
bilangan biner sebanyak 7 bit.namun ,ASCII di simpan sebagai sandi 8
bit,dengan menambahkan suatu angka 0 sebagai bit signitican paling tinggi.bit
tambahan ini sering di gunakan untuk uji prioritas.
1.
KONSTATA
Konstanta adalah variabel yang nilai
datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga
variabel, dan bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya
sepanjang program berjalan tidak berubah-ubah, maka sebuah varibel lebih baik
diperlakukan sebagai konstanta. Pada sebuah kode program, biasanya nilai data
dari konstanta diberikan langsung di bagian deklarasi konstanta. Sedangkan
untuk variabel, biasanya hanya ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa
isian nilai data. Aturan penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan
konstanta. Demikian juga aturan penetapan tipe data.Sebagai contoh, jika kita
membuat program perhitungan matematik yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang
mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, kita dapat membuat pi
sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode
program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang
1. Tipe Data
Setiap data memiliki tipe data, apakah
merupakan angka bulat ( integer ), angka biasa ( real ), atau berupa karakter (
char ), dan sebagainya.
Ada 2 kategori dari tipe data yaitu:
1. Tipe dasar
1. Bilangan bulat ( integer )
– Bilangan atau angka yang tidak memiliki
titik desimal atau pecahan, seperti 10, +225, -10,+25.
– Tipe dituliskan sebagai integer atau int
– Jangkauan nilai bergantung pada
implementasi perangkat keras komputer, misalnya dari -11 s/d +12; untuk
algoritma tidak kita batasi.
– Operasi aritmetik: tamabah+, kurang-,
kali*, bagi/, sisa hasil bagi%
– Operasi pembanding:lebih kecil=, sama=,
tidak sama>< . 2. Bilangan biasa ( real ) - Bilangan atau angka yang bisa
memiliki titik desimal atau pecahan, dan ditulis sebagai : 235.45, +13.99,
-87.76 atau dalam notasi ilmiah seperti : 1.245E+03, 7.45E-02, dsb. - Tipe
dituliskan sebagai : real - Jangkauan nilai : bergantung pada implementasi
perangkat keras komputer, misalnya dari -2.9E-39 s/d +1.7E+38, untuk algoritma
tidak dibatasi. - Operasi aritmatik dan pembandingan juga berlaku bagi bilangan
biasa. 3. Bilangan tetap ( const ). - Bilangan tetap ( const ) adalah tipe
bilangan, tidak bernilai bulat maupun tidak, yang nilainya tidak berubah selama
algoritma dilaksanakana. - Tipe dituliskan sebagai const . - Jangkauan nilai
meliputi semua bilangan yang mungkin. 4. Karakter ( character ) - Karakter
adalah data tunggal yang mewakili semua huruf, simbol baca, dan juga simbol
angka yang tidak dapat dioprasikan secara matematis, misalnya: ’A’, ’B’,
.....,’Z’, ’?’,’!’, dst. - Tipe dituliskan sebagai char - Jangkauan nilai
meliputi semua karakter dalam kode ASCII, atau yang tertera pada setiap tombol
keyboard. - Operasi pembanding dapat dilakukan dan dievaluasi menurut urutan
kode ASCII, sehingga huruf ’A’ (Hex 41) sebenarnya lebih kecil dari huruf ’a’
(Hex 61). 5. Logik ( logikal ) - Tipe data logik adalah tipe data yang
dipergunakan untuk memberi nilai pada hasil pembandingan, atau kombinasi
pembandingan. - Tipe dituliskan sebagai boolean - Jangkauan nilai ada dua :
true dan false 2. Tipe bentukan 1. Array ( larik ) - Array adalah tipe data
bentukan, yang merupakan wadah untuk menampung beberapa nilai data yang
sejenis. Kumpulan bilangan bulat adalah array integer, kumpulan bilangan tidak
bulat adalah array real. - Cara menefinisikan ada 2 macam, yaitu: * Nilai_ujian
: array [ 1..10] of integer, atau * Int nilai_ujian[10]; - Kedua definisi
diatas menunjukkan bahwa nilai_ujian adalah kumpulan dari 10 nilai bertipe
bilangan bulat. 2. String - String adalah tipe data bentukan yang merupakan
deretan karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya
diapit oleh dua tanda kutip. - Sebagai contoh: nama, alamat, dan judul adalah tipe
string. - Cara mendefinisikannya adalah: * string nama, alamat; atau *
nama,alamat : string; 3. Record ( rekaman ) - Record adalah tipe data bentukan
yang merupakan wadah untuk menampung elemen data yang tipenya tidak perlu sama
dengan tujuan mewakili satu jenis objek. - Sebagai contoh, mahasiswa sebagai
satu jenis objek memiliki beberapa elemen data seperti : nomer_stb, nama, umur,
dll. - Cara mendefinisikan record mahasiswa tersebut adalah sebagai berikut:
Type dataMhs : record < nomer_stb : integer, Nama_mhs : string, Umur :
integer, >
Variabel
Variabel adalah
nama yang mewakili suatu elemen data seperti : jenkel untuk jenis kelami,
t4lahir untuk tempat lahir, dan sebagainya. Ada aturan tertentu yang wajib
diikuti dalam pemberian nama variable, antara lain:
* Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh
dengan angka atau symbol.
* Tidak boleh ada spasi diantaranya
* Jangan menggunakan simbol yang bisa membingungkan seperti titik dua, titik
koma, koma, dan sebagainya.
* Sebaiknya memiliki arti yang sesuai denagn elemen data.
* Sebaiknya tidak terlalu panjang.
Contoh variabel yang benar : Nama, Alamat,
Nilai_ujian
Contoh variabel yang salah : 4XYZ, IP rata,
Var;=xy,45;
Karakter control pada SCII dibedakan menjadi 5 kelompok
sesuai dengan pengguna yaitu meliputi;
-logikal
communication
-Davice
control
-Information
seperator
-Code
extention dan physical communication.
Code ASCII ini banyak di jumpai
pada papan ketik (keybord) computer atau instrumen-instrumen digital ASCII control
code chart
|
|
|
Ada pun cara membuat sebuah
variabel dalam c++ sebagai berikut ini:
A.
Pertama-tama buka C++
B.
Kemudian ambil file,klik kiri
C.
Ambil NEW lalu
D.
Buka source file ,maka akan tampil kotak kosong
dan mulai lah mengisikan kedalam file baru tersebut seperti:
E.lalu dapat di
jalan kan dengan mengklik F11,maka akan tampil
F . selanjutnya bukak file baru ketikan di dalamnya :
G.kemudian ketik didalamnya F11,maka akan tampil:
H.untuk menbuat sebuah data
desimal dapat membuka file baru dan ketikan di dalamya seperti ini:
I.untuk melihat hasilnya klik F11,maka akan
tampil hasil seperti ini:
J. selanjutnya dapat membuka
file baru dan ketik di dalamya seperti di bawah ini :
k. kemudian klik F11 untuk
melihat hasilnya:
L.kemudian buka file baru
kmbali mencari hasil seperti di bawah :
M.untuk melihat hasilnya klik
F11, maka akan tampil:
N. kemudian buka file baru akan
dan ketikan di dalam nya :
O. untuk melihat hasilnya ketik F11,maka akan tampil:
P.untuk mencari hasil bilangan
bisa dengan membuka file baru dan
ketikan di dalam nya seprti ini:
Q. untuk melihat hasil klik
F11,maka akan tampil
T.untuk membuat jari-jari G ,buka file baru dan keltikan di dalamya :
u. melihat hasil klik F11.akan
tampil:
KESIMPULANYA:
Kesimpulan dari materi tentang “TEORI SCII
”
adalah bahwa kesimpulan bertujuan untuk mengetahui
gagasan atau ide pokok yang dapat diambil dari suatu makalah atau karya
tulis ilmiah. Cara untuk menulis kesimpulan adalah dengan cara membaca terlebih
dahulu secara keseluruhan materi yang ada pada makalah atau karya tulis ilmiah.
Setelah memahami materi dari makalah atau karya tulis ilmiah yang dibaca maka
kesimpulan baru dapat di disusun
TERIMA KASIH,....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar