ALGORITMA PEMOGRAMAN
Dosen Pembimbing :
SRI NOFRI WIHANDARI S,Pd
Disusun oleh :
NOVA HARDYANTI
15214034
PRODI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
2015
INPUT DAN OUTPUT (I/O)
BY:Nova Hardyanti : 30 september 2015.
Input/output
(i/o)
adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus
melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya).
Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada
level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksible, dan bugs
aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.
Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti
pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Menyediakan koneksi untuk
piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner. Unit
Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh
mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
- Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse.
- Unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan
sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk
tulis I/O (Input/Output Write [IOW]). berikut ini adalah mekanisme kerja I/O.
Komputer terbagi menjadi 3 bagian :
1. Hardware (Perangkat Keras)
Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware terdiri dari perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output.
Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware terdiri dari perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output.
2. Software (Perangkat Lunak)
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
3. Brainware (Perangkat pikir)
Orang yang menggunakan komputer (user)
Orang yang menggunakan komputer (user)
Macam-macam I/o
1.Konektor RJ 45
Digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan
Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan juga perangakat
lain yang mendukung interface Ethernet RJ45.Fungsi :Menyambungkan network antara
komputer dengan komputer.
2. USB ( Universal Serial Bus )
Port standard yang ada di komputer saat ini.Konektor-konektor USB tersebut
dapat ditancapi berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer secara mudah
dan cepat. Fungsi :perangkat baru yang belum pernah terinstal di komputer anda
sebelumnya, sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba
mengenalinya dengan auto detect.
Struktur I/O
Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi.
Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi.
Interupsi I/O
Untuk
memulai operasi I/O, CPU me-load register yang bersesuaian ke device
controller. Sebaliknya device controller memeriksa isi register untuk kemudian
menentukan operasi apa yang harus dilakukan. Pada saat operasi I/O dijalankan ada
dua kemungkinan, yaitu synchronous I/O dan asynchronous I/O. Pada synchronous
I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna setelah proses I/O selesai
dikerjakan. Sedangkan pada asynchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses
pengguna tanpa menunggu proses I/O selesai. Sehingga proses I/O dan proses
pengguna dapat dijalankan secara bersamaan.
Proteksi I/O
Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor. Untuk mencegahnya kita menganggap semua instruksi I/O sebagai privilidge instruction sehingga mereka tidak bisa mengerjakan instruksi I/O secara langsung ke memori tapi harus lewat sistem operasi terlebih dahulu. Proteksi I/O dikatakan selesai jika pengguna dapat dipastikan tidak akan menyentuh mode monitor. Jika hal ini terjadi proteksi I/O dapat dikompromikan.
Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor. Untuk mencegahnya kita menganggap semua instruksi I/O sebagai privilidge instruction sehingga mereka tidak bisa mengerjakan instruksi I/O secara langsung ke memori tapi harus lewat sistem operasi terlebih dahulu. Proteksi I/O dikatakan selesai jika pengguna dapat dipastikan tidak akan menyentuh mode monitor. Jika hal ini terjadi proteksi I/O dapat dikompromikan.
Managemen Sistem I/O
Sering disebut device manager. Menyediakan “device driver” yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada hard-disk, CD-ROM dan floppy disk.
Komponen Sistem Operasi untuk sistem I/O:
Sering disebut device manager. Menyediakan “device driver” yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada hard-disk, CD-ROM dan floppy disk.
Komponen Sistem Operasi untuk sistem I/O:
- Buffer: menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O
- Spooling: melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.
- Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi “rinci” untuk perangkat keras I/O tertentu.
CU (Control Unit)
Digunakan untuk mengatur dan menjalankani instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.
Digunakan untuk mengatur dan menjalankani instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.
ALU(Arithmatic and Logic Unit)
Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan arithmatic.
Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan arithmatic.
RAM (Random Access Memory)
Memori yang membaca dan menulis.
Memori yang membaca dan menulis.
ROM (Read Only Memory)
Memori yang dapat membaca saja.
Memori yang dapat membaca saja.
Peralatan Input
INPUT
DEVICE atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer.
Selain
itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Microphone, untuk merekam suara ke
dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan
informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input
device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk
memasukkan program.
Macam-Macam Input Device :
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Lightpen
f. Trackball
g. Touch Sreen
h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i. Optical Character Reader (OCR)
j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
k. dll
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Lightpen
f. Trackball
g. Touch Sreen
h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i. Optical Character Reader (OCR)
j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
k. dll
Perangkat Output
OUTPUT
DEVICE (Alat keluaran)Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan
dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai
berikut :
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk
yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan
pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran
antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
Macam-Macam
Output Device :
a. Monitor
b. Printer dan Plotter
c. Proyektor
d. Microform
a. Monitor
b. Printer dan Plotter
c. Proyektor
d. Microform
Peralatan Input / Output
a. Disk Drive
b. Tape Drive
c. Modem (Modulator Demudolator)
d. Ethernet
e. PCMCIA
f. Hub
g. Switch
h. Print Server
i. Input / Output Card (I / O Card)
j. SCII Card
k. Terminal
l. CD – Room (Compac Disk-Read Only memory)
m. CD-Read and writer
n. DVD-Room
o. DVD-Read and Writer
a. Disk Drive
b. Tape Drive
c. Modem (Modulator Demudolator)
d. Ethernet
e. PCMCIA
f. Hub
g. Switch
h. Print Server
i. Input / Output Card (I / O Card)
j. SCII Card
k. Terminal
l. CD – Room (Compac Disk-Read Only memory)
m. CD-Read and writer
n. DVD-Room
o. DVD-Read and Writer
Fungsi Input dan Output Dalam C++
Berbicara
tentang input dan ouput data dalam C++ tidak jauh dari penggunaan keyboard
untuk input dan tampilan layar monitor untuk output. Dalam C++ menggunakan
berbagai macam format untuk input dan output tergantung dari penggunaan file
header yang digunakan, kemudian yang akan dibahas kali ini adalah penggunaan 2
standar input dan output dasar yang sering digunakan dalam C++ dengan format
yang berbeda.
1.
Input (Memasukkan Data)
Dengan menggunakan #include
<stdio.h> bagi yang belum tahu fungsi stdio.h lihat artikel sebelumnya
aturan dan perintah dasar c++
a. Fungsi scanf()
fungsi scanf() berguna untuk
meninput data baik berupa bilangan, karakter, ataupun kalimat secara terformat.
Berikut format-format yang digunakan untuk scanf() :
%c : Membaca sebuah karakter
%s : Membaca sebuah string
%i, %d : Membaca sebuah bilangan
bulat (integer, desimal)
%f, %e : Membaca sebuah bilangan
pecahan (real, float)
%o : Membaca sebuah bilangan
octal
%x : Membaca sebuah bilangan
heksadesimal
%u : Membaca sebuah bilangan tak
bertanda
b. Fungsi
gets()
fungsi gets() berguna untuk
memasukkan data bertipe karakter, tanpa penggunaan format seperti scanf(), dan
tidak dapat untuk menginput data numeric ataupun string.
c. Fungsi getchar()
fungsi getchar berguna untuk
membaca data yang bertipe karakter.
Dengan
menggunakan #include <iostream.h> bagi yang belum tahu fungsi iostream.h
lihat artikel sebelumnya aturan dan perintah c++
a. Fungsi cin >> var
fungsi cin >> berguna untuk
menginput data berupa numerik, string, dan karakter. Var dapat lebih dari satu
variabel (cin >> var >> var) dan dapat berupa karakter.
b. Format : cin.get.(var,
sizeof(var)),
penggunaan
format ini untuk menginput string lebih dari satu kata atau seperti kita
menekan spasi, tetapi akan terjadi kesalahan jika satu program digunakan lebih
dari satu kali. Dan untuk menangani ini lebih baik menggunakan format
cin.getline(var, sizeof(var)).
c. Format : cin.getline(var,
sizeof(var)).
2. Output
(Menampilkan Data)
Dengan menggunakan #include <stdio.h>
a. Menampilkan output ke layar
monitor
Fungsi printf() berguna untuk
menampilkan semua jenis data (number, string, dan karakter)
Fungsi puts() digunakan untuk
menampilkan data string dan secara otomatis akan pidah baris (new line).
Fungsi putchar() digunakan untuk
menampilkan sebuah karakter.
b. Mengatur tampilan output
Bentuk sintaks :
printf(”%m,nf”, var)
m : Menyatakan banyaknya digit
angka
n : Menyatakan banyaknya digit
angka dibelakang koma
var : variabel bertipe float yang
akan ditampilkan
Contoh
printf(”%5.2f”, nilai); ”berarti
yang akan ditampilkan angka sebanyak 5 digit dan 2 digit angka dibelankang
koma”
Dengan menggunakan #include
<iostream.h>
Menampilkan output ke layar
monitor
Bentuk sintaks
cout << var;
cout << konstanta;
Fungsi cout << dapat
digunakan untuk menampilkan semua jenis data (numeric dan karakter) yang dapat
berupa nilai, karakter ataupun konstanta.
Sekian Tentang Fungsi Input & Output, Stay Enjoy
Read My Blog Oke :)
LATIHAN:
1.
Cara menghoting
jari-jari dalam c++
A. Pertama-tama buka
C++
B.
Kemudian ambil file,klik kiri
C.
Ambil
NEW lalu
D. Buka source file
,maka akan tampil
Contoh
mencari keliling lingkaran:
E.untuk melihat hasilnya klik F11,maka akan
tampil:
f.
untuk
membuat atau mencari suhu cecius ,farenhaide,calvin dapat membuka file baru
,berikut contoh nya:
G. untuk menampilkan hasilnya dapat mengklik F11,maka akan tampil:
H. untuk membuat file baru lagi klik new dan
isikan contok ,seperti mencari luas persegi,seperti berikut;
I,untuk menampilkan hasilnya klik F11: maka akan tampil:
J,untuk membuat file baru lagi klik new dan
isikan file baru seperti ini:
K. untuk melihat hasilnya, klik F11:
KESIMPULANYA
adalah bahwa kesimpulan bertujuan untuk mengetahui
gagasan atau ide pokok yang dapat diambil dari suatu makalah atau karya
tulis ilmiah. Cara untuk menulis kesimpulan adalah dengan cara membaca terlebih
dahulu secara keseluruhan materi yang ada pada makalah atau karya tulis ilmiah.
Setelah memahami materi dari makalah atau karya tulis ilmiah yang dibaca maka
kesimpulan baru dapat di disusun
TERIMAKASIH......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar