Sabtu, 03 Oktober 2015

laporan algoritma pertemuan 5 NOVA HARDYANTI











Laporan pertemuan 5
ALGORITMA PEMOGRAMAN







Dosen Pembimbing :
SRI NOFRI WIHANDARI S,Pd

Disusun oleh :
NOVA HARDYANTI
15214034



PRODI REKAYASA PERANGKAT LUNAK
AKADEMI KOMUNITAS NEGERI PADANG PARIAMAN
2015
                      


  INPUT DAN OUTPUT (I/O)


  BY:Nova Hardyanti : 30 september 2015.

        Input/output (i/o)
adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.
Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard, mouse paralel/serial ataupun USB. Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner. Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.
  • Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse.
  • Unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.



Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read [IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]). berikut ini adalah mekanisme kerja I/O.

      Komputer terbagi menjadi 3 bagian :

1.   Hardware (Perangkat Keras)
Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware terdiri dari perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output.
2.   Software (Perangkat Lunak)
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki.
3.   Brainware (Perangkat pikir)
Orang yang menggunakan komputer (user)





 Macam-macam I/o

1.Konektor RJ 45
Digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan juga perangakat lain yang mendukung interface Ethernet RJ45.Fungsi :Menyambungkan network antara komputer dengan komputer.
2. USB ( Universal Serial Bus )
Port standard yang ada di komputer saat ini.Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapi berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer secara mudah dan cepat. Fungsi :perangkat baru yang belum pernah terinstal di komputer anda sebelumnya, sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan auto detect.
Struktur I/O
Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi.
Interupsi I/O
Untuk memulai operasi I/O, CPU me-load register yang bersesuaian ke device controller. Sebaliknya device controller memeriksa isi register untuk kemudian menentukan operasi apa yang harus dilakukan. Pada saat operasi I/O dijalankan ada dua kemungkinan, yaitu synchronous I/O dan asynchronous I/O. Pada synchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna setelah proses I/O selesai dikerjakan. Sedangkan pada asynchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna tanpa menunggu proses I/O selesai. Sehingga proses I/O dan proses pengguna dapat dijalankan secara bersamaan.
Proteksi I/O
Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor. Untuk mencegahnya kita menganggap semua instruksi I/O sebagai privilidge instruction sehingga mereka tidak bisa mengerjakan instruksi I/O secara langsung ke memori tapi harus lewat sistem operasi terlebih dahulu. Proteksi I/O dikatakan selesai jika pengguna dapat dipastikan tidak akan menyentuh mode monitor. Jika hal ini terjadi proteksi I/O dapat dikompromikan.
Managemen Sistem I/O
Sering disebut device manager. Menyediakan “device driver” yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada hard-disk, CD-ROM dan floppy disk.
Komponen Sistem Operasi untuk sistem I/O:
  • Buffer: menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O
  • Spooling: melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.
  • Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi “rinci” untuk perangkat keras I/O tertentu.
CU (Control Unit)
Digunakan untuk mengatur dan menjalankani instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.
ALU(Arithmatic and Logic Unit)
Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan arithmatic.
RAM (Random Access Memory)
Memori yang membaca dan menulis.
ROM (Read Only Memory)
Memori yang dapat membaca saja.
Peralatan Input
 INPUT DEVICE atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
        Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
          Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.


Macam-Macam Input Device :
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Lightpen
f. Trackball
g. Touch Sreen
h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
i. Optical Character Reader (OCR)
j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
k. dll

Perangkat Output

OUTPUT DEVICE (Alat keluaran)Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut :
  • Tulisan
  • Image
  • Suara
 Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
Macam-Macam Output Device :
a. Monitor
b. Printer dan Plotter
c. Proyektor
d. Microform
Peralatan Input / Output
a. Disk Drive
b. Tape Drive
c. Modem (Modulator Demudolator)
d. Ethernet
e. PCMCIA
f. Hub
g. Switch
h. Print Server
i. Input / Output Card (I / O Card)
j. SCII Card
k. Terminal
l. CD – Room (Compac Disk-Read Only memory)
m. CD-Read and writer
n. DVD-Room
o. DVD-Read and Writer

Fungsi Input dan Output Dalam C++

Berbicara tentang input dan ouput data dalam C++ tidak jauh dari penggunaan keyboard untuk input dan tampilan layar monitor untuk output. Dalam C++ menggunakan berbagai macam format untuk input dan output tergantung dari penggunaan file header yang digunakan, kemudian yang akan dibahas kali ini adalah penggunaan 2 standar input dan output dasar yang sering digunakan dalam C++ dengan format yang berbeda.
 
1. Input (Memasukkan Data)

Dengan menggunakan #include <stdio.h> bagi yang belum tahu fungsi stdio.h lihat artikel sebelumnya aturan dan perintah dasar c++


a. Fungsi scanf()

fungsi scanf() berguna untuk meninput data baik berupa bilangan, karakter, ataupun kalimat secara terformat. Berikut format-format yang digunakan untuk scanf() :

%c : Membaca sebuah karakter

%s : Membaca sebuah string

%i, %d : Membaca sebuah bilangan bulat (integer, desimal)

%f, %e : Membaca sebuah bilangan pecahan (real, float)

%o : Membaca sebuah bilangan octal

%x : Membaca sebuah bilangan heksadesimal

%u : Membaca sebuah bilangan tak bertanda

b. Fungsi gets()

fungsi gets() berguna untuk memasukkan data bertipe karakter, tanpa penggunaan format seperti scanf(), dan tidak dapat untuk menginput data numeric ataupun string.

c. Fungsi getchar()

fungsi getchar berguna untuk membaca data yang bertipe karakter.
Dengan menggunakan #include <iostream.h> bagi yang belum tahu fungsi iostream.h lihat artikel sebelumnya aturan dan perintah c++
a. Fungsi cin >> var

fungsi cin >> berguna untuk menginput data berupa numerik, string, dan karakter. Var dapat lebih dari satu variabel (cin >> var >> var) dan dapat berupa karakter.

b. Format : cin.get.(var, sizeof(var)),
penggunaan format ini untuk menginput string lebih dari satu kata atau seperti kita menekan spasi, tetapi akan terjadi kesalahan jika satu program digunakan lebih dari satu kali. Dan untuk menangani ini lebih baik menggunakan format cin.getline(var, sizeof(var)).

c. Format : cin.getline(var, sizeof(var)).


2. Output (Menampilkan Data)

Dengan menggunakan #include <stdio.h> 

a. Menampilkan output ke layar monitor

Fungsi printf() berguna untuk menampilkan semua jenis data (number, string, dan karakter)

Fungsi puts() digunakan untuk menampilkan data string dan secara otomatis akan pidah baris (new line).

Fungsi putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter.

b. Mengatur tampilan output

Bentuk sintaks :

printf(”%m,nf”, var)

m : Menyatakan banyaknya digit angka

n : Menyatakan banyaknya digit angka dibelakang koma

var : variabel bertipe float yang akan ditampilkan

Contoh

printf(”%5.2f”, nilai); ”berarti yang akan ditampilkan angka sebanyak 5 digit dan 2 digit angka dibelankang koma”


Dengan menggunakan #include <iostream.h>

Menampilkan output ke layar monitor

Bentuk sintaks

cout << var;

cout << konstanta;

Fungsi cout << dapat digunakan untuk menampilkan semua jenis data (numeric dan karakter) yang dapat berupa nilai, karakter ataupun konstanta.


Sekian Tentang Fungsi Input & Output, Stay Enjoy Read My Blog Oke :)

LATIHAN:
    1.   Cara menghoting jari-jari dalam c++
             A.   Pertama-tama buka C++
             B.   Kemudian  ambil file,klik kiri
             C.   Ambil NEW lalu
             D.  Buka  source file ,maka akan tampil
        
          Contoh mencari keliling lingkaran:

 


   







 E.untuk melihat hasilnya klik F11,maka akan tampil:











      f.   untuk membuat atau mencari suhu cecius ,farenhaide,calvin dapat membuka file baru ,berikut contoh nya:
















  G. untuk menampilkan hasilnya dapat mengklik F11,maka akan tampil:













  H. untuk membuat file baru lagi klik new dan isikan contok ,seperti mencari luas persegi,seperti berikut;




  















 I,untuk menampilkan hasilnya klik F11: maka akan tampil:













   J,untuk membuat file baru lagi klik new dan isikan file baru seperti ini:













  K. untuk melihat hasilnya, klik F11:

 

                           









                               KESIMPULANYA

adalah bahwa kesimpulan bertujuan untuk mengetahui gagasan atau ide  pokok yang dapat diambil dari suatu makalah atau karya tulis ilmiah. Cara untuk menulis kesimpulan adalah dengan cara membaca terlebih dahulu secara keseluruhan materi yang ada pada makalah atau karya tulis ilmiah. Setelah memahami materi dari makalah atau karya tulis ilmiah yang dibaca maka kesimpulan baru dapat di disusun






 TERIMAKASIH......












Tidak ada komentar:

Posting Komentar